Selamat Datang Di Blog PMI Kabupaten Manggarai. Terima Kasih Kepada Para Donor Sukarela: Sekantong Darah Yang Anda Sumbangkan Menyelamatkan Nyawa Saudara/i Kita Yang Membutuhkan. Tetaplah Setia Mendonorkan Darah Setiap Tiga Bulan. Kami Tetap Menantikan Kedatangan Anda

Sabtu, 17 Mei 2014

KEHARMONISAN ALAM DEMI KEMANUSIAAN


            Tidak seperti hari libur biasanya. Kamis, 15 Mei 2014-pukul 10.00 WITA, bertempat di STKIP ST. Paulus Ruteng (ruangan E.04), mahasiswa/i yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam (IMAPALA) STKIP St. Paulus Ruteng bersama beberapa simpatisan mahasiswa/i  menerima kedatangan rombongan PMI Kab. Manggarai. Rombongan yang dikoordinatori oleh Ketua PMI Kab. Manggarai,  Bpk. Ronny Kaunang tersebut disambut baik oleh pembina IMAPALA, pa Wig Gaut dan Ibu Irma Parera. Adapun rombongan PMI yang hadir kali ini adalah tamu istimewa yang akan mengadakan sosialisai tentang donor darah dan kepalangmerahan bagi segenap anggota IMAPALA STKIP dan mahasiswa simpatisan lainnya. Kegiatan sosialisasi donor darah dan kepalangmerahan ini sengaja dilaksanakan sebagai bagian dari item kegiatan selebrasi HUT Palang Merah sedunia ke-151 dan pemenuhan agenda rutin IMAPALA sendiri.
            Mengawali pembukaan kegiataan dengan perkenalan diri, Bpk. Ronny Kaunang yang didampingi oleh dr. Ronald Susilo selaku relawan PMI dan beberapa staf PMI Kab. Manggarai membuat suasana awal sedikit relax. Apalagi ketua PMI Kab. Manggarai yang dikenal supel namun tegas dan berwibawa ini, tidak sungkan untuk melempar senyum kepada segenap mahasiswa/i yang telah hadir. Ini tentu saja merupakan pembukaan yang sempurna untk mengisi rasa penasaran dan kebingungan para mahasiswa/i yang hadir. Dalam sambutan singkatnya, bpk. Ronny Kaunang menjelasakan secara singkat struktur kepengurusan PMI Kab. Manggarai dan eksistensi PMI Kab. Manggarai selama ini. Ini dilakukan dengan tujuan bahwa setelah kegiatan sosialisasi ini, IMAPALA dan mahasiswa/i STKIP lainnya sudah tidak merasa asing lagi terhadap keberadaan dan kehadiran PMI Kab. Manggarai.
            Kegiatan selanjutnya dibagi dalam 3 sesi. Sesi pertama, diakomodir oleh bung Tommy Hikmat, dengan topik tentang kepalangmerahan dunia maupun Indonesia. Topic ini banyak membicarakan tentang sejarah keberadaan Palang Merah dunia dan Indonesia. Meskipun terkesan historis, mahasiswa/I IMAPALA dan simpatisan antusias menyimak topic ini sebagai pengetahuan dan informasi yang penting bagi mereka. Sesi kedua, diakomodir oleh pa Otp Palemus Cetak selaku Koordinator Korps Suka Rela (KSR) PMI Kab. Manggarai. Dalam pembicaraannya, koordinator KSR ini memberikan pemahaman tentang makna kesukarelawanan dan relawan dalam konteks kekinian dan realistis. Selain itu, pa Otp juga mengajak seluruh mahasiswa/i yang hadir untuk tidak ragu dan segan lagi mendaftarkan diri sebagai relawan KSR PMI Kab. Manggarai. Pada sesi terakhir, dr. Ronald Susilo selaku relawan dan pengurus di PMI Kab. Manggarai, mensosialisasikan topic donor darah dengan sub topic prosedur donor darah; donor darah dan kesehatan; pengolahan dan pengelolaan darah. Topic ini menjadi topic sosialisasi yang sangat relevan bagi mahasiswa/i STKIP ditengah miskonsepsi tentang donor darah. Selama ini, dengan kondisi pengetahuan dan informasi yang terbatas tentang donor darah, memungkinkan banyak mahasisiswa/i yang pesimis untuk mendonorkan darahnya. Namun, dengan penjelasan yang sangat menarik,  informatif serta  kontekstual, miskonsepsi tersebut perlahan melebur. Sehingga  dapat dipastikan,  keengganan dan rasa takut serta kekwatiran yang berlebihan pra dan pasca donor tidak terjadi lagi.
           Di penghujung kegiatan, rombongan PMI Kab. Manggarai tersebut berkenan untuk berfoto bersama mahasiswa/i dan simpatisan IMAPALA STKIP St. Paulus Ruteng serta dosen koordinator IMAPALA, pa Wig dan ibu Irma. Sebuah rangkaian kegiatan sosialisasi yang sarat makna edukatif, informatif dan bermakna bagi pengembangan organisasi PMI itu sendir serta pengembangan sisi kemanusiaan kaum muda harapan bangsa.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

sebagai koordinator relawan PMI kab.Manggarai saya mengajak teman" yg bergabung dalam IMAPALA STKIP St.Paulus Ruteng agar bergabung dalam komunitas relawan PMI Kab.manggarai...semoga Relawan PMI kab.Manggarai tetap kompak dalam kebersamaan....HIDUP RELAWAN..........OTP PALEMUS CETAK