Selamat Datang Di Blog PMI Kabupaten Manggarai. Terima Kasih Kepada Para Donor Sukarela: Sekantong Darah Yang Anda Sumbangkan Menyelamatkan Nyawa Saudara/i Kita Yang Membutuhkan. Tetaplah Setia Mendonorkan Darah Setiap Tiga Bulan. Kami Tetap Menantikan Kedatangan Anda

Kamis, 23 April 2015

TEMU PALANG MERAH REMAJA, SARANA EVALUASI KEGIATAN



“Kita bisa”, demikian sepenggal kalimat yang diucapkan oleh Ketua PMI Kabupaten Manggarai  Ronny Kaunang, BcKn dalam sambutannya pada acara penutupan kegiatan Temu Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Kabupaten Manggarai bertempat di Aula Dinas PPO Kabupaten Manggarai. Kalimat ini pantas diucapkan oleh Ketua PMI Kabupaten Manggarai karena berasal dari hasil pengamatan beliau sepanjang digelarnya kegiatan ini yang dimulai pada tanggal 29 – 30 November 2014 yang berakhir dengan baik dan mengingat kegiatan Temu Palang Merah Remaja ini baru pertama kali diselenggarakan oleh PMI Kabupaten Manggarai ( PMI Kabupaten lain dalam Provinsi NTT belum pernah melakukan kegiatan seperti ini).
Bertempat di Aula Dinas PPO Kabupaten Manggarai, digelar kegiatan Temu PMR  yang dihadiri oleh 9 unit PMR Wira (SMA) minus 2 unit PMR Wira yang tidak mengirimkan pesertanya yakni PMR Unit MAN Langke Rembong dan PMR unit SMA Karya, kesibukan di sekolah menjadi alasan ketidakikutsertaan mereka. Adapun Unit PMR yang mengikuti kegiatan ini yakni : PMR Unit SMAN 1 Langke Rembong dengan pembinanya yakni Bernulfus H. Manto,S.Sn, PMR Unit SMAN 2 dengan pembinanya Saverinus H. Kakuk, S.Pd dan Narsisius Y. Paus,S.Fil, PMR unit SMAK St. Fransiskus Xaverius dengan pembinanya Apolonaris Senardi, S.Pd, PMR Unit SMAK Setia Bakti dengan pembinanya, Tarsisius Abur, S.Pd, PMR unit SMA Widya Bakti dengan pembinanya, Nobertus Harum, S.Pd, PMR unit SMK Karya dengan pembinanya, Baltasar Suhang, S.Pd dan Saverinus Budi, S.Fil, PMR unit SMK Elanus dengan pembinanya Godelfridus G. Jahu, S.Kep.,Ns, PMR unit SMK Sta. Mathilda dengan pembinanya Melkior Jenarum,S.Kep.,Ns, PMR Unit SMK Indonesia Timur dengan pembinanya Yoritus Danto, S.Kep.,Ns. Peserta yang hadir dalam kegiatan Temu PMR ini berjumlah 355 orang.Kegiatan Temu PMR Kabupaten Manggarai tahun 2014 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas PPO Kabupaten Manggarai Bpk. Empang A. Adrianus, S.Sos.

Tujuan diadakannya kegiatan Temu PMR ini, menurut Sekretaris Panitia kegiatan Marselinus W. Seda, S.Sos, yakni : Sebagai sarana evaluasi komprehensif terhadap pembinaan dan keterampilan serta pengetahuan Kepalangmerahan anggota PMR Tingkat Wira, sebagai sarana pemantauan dan evaluasi kualitas pembinaan dan pengembangan kelompok PMR di Kabupaten Manggarai, sebagai sarana mempererat tali persahabatan dan persaudaraan sesama anggota PMR di Kabupaten Manggarai dan yang terakhir yakni sebagai sarana guna menyeleksi anggota PMR yang akan mengikuti Jumpa Bhakti Gembira (JUMBARA) PMR tingkat Nasional yang dilaksanakan pada tahun 2016.
Perlu diketahui bahwa kegiatan Temu PMR merupakan penyederhanaan bentuk kegiatan dari yang seharusnya bernama Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) PMR tingkat Kabupaten. Kegiatan yang bernama JUMBARA PMR rutin dilakukan di Kabupaten/Provinsi yang PMI-nya sudah berkembang baik seperti di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Pulau Bali. Mengingat keterbatasan dana yang dimiliki oleh PMI Kabupaten Manggarai, kegiatan JUMBARA PMR tingkat Kabupaten diganti dengan kegiatan yang lebih sederhana namun tidak menghilangkan esensi dari kegiatan itu sendiri yakni mempertemukan para anggota PMR dari setiap unit, bertukar informasi kegiatan di masing – masing unit dan Mempraktekan ilmu tentang kepalangmerahan yang telah didapat. Adapun kegiatan – kegiatan yang dilakukan dikemas dalam bentuk perlombaan yakni kuiz kepalangmerahan, lomba pidato, puisi, karikatur, kerajinan tangan menggunakan bahan bekas, fragmen, keterampilan pertolongan pertama (PP), yel – yel, dan pemilihan duta PMR Kabupaten Manggarai.
Guna menjamin netralitas dalam perlombaan maka setiap mata lomba dinilai oleh tim juri yang berkompeten di bidangnya misalnya dalam lomba fragmen, pidato dan puisi juri – jurinya sudah sangat terkenal dikalangan pencinta puisi dan seni teater kabupaten Manggarai sebut saja juri Marcelus Ungkang, S.Sn, M.Pd, Robertus Belarminus Nagut (Armin Bell), S.Sos, juri karikatur ada Otwin Wisang, S.Sn, sementara itu di bidang penilaian kerajinan tangan ada juri Livinus V.L.Turuk, ST,MP, di bidang lomba Pertolongan pertama ada juri yang merupakan spesialis PP yang dimiliki oleh PMI Kabupaten Manggarai  yakni Albertus W.B. Dugis, Amd.Kep yang kesehariannya sebaga kepala Puskesmas Wangko.
Gordiano R. Setioady, SKM,  salah satu sukarelawan PMI yang menjadi panitia dalam kegiatan ini mengatakan bahwa anggota PMR memiliki bakat terpendam yang selama ini tidak dikembangkan karena minimnya kegiatan perlombaan yang dilakukan oleh sekolah atau pihak lainnya. “ dengan adanya kegiatan temu PMR ini kita bisa lihat bahwa begitu banyak siswa PMR yang berbakat misalnya ada yang bakat membuat karikatur, kerajinan tangan, bermain peran. Salah satu contohnya peserta lomba karikatur dari PMR unit SMAK Setia Bakti dia mampu menjabarkan tema karikatur  yang diberikan dalam bentuk karikatur yang dibuatnya, sungguh berbakat anak ini, potensi – potensi yang ada dalam diri mereka harus semakin dikembangkan oleh sekolah dan orang tua serta Pemerintah” ungkap Gordiano.
Dalam kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini, PMR SMAN 2 Langke Rembong memperoleh juara umum 1, PMR Unit SMAK St. Fransisksu Xaverius Ruteng memperoleh juara umum II dan PMR Unit SMK Elanus menempati peringkat juara umum III. (Marsel

Tidak ada komentar: