Selamat Datang Di Blog PMI Kabupaten Manggarai. Terima Kasih Kepada Para Donor Sukarela: Sekantong Darah Yang Anda Sumbangkan Menyelamatkan Nyawa Saudara/i Kita Yang Membutuhkan. Tetaplah Setia Mendonorkan Darah Setiap Tiga Bulan. Kami Tetap Menantikan Kedatangan Anda

Senin, 30 Juni 2014

Program Pendampingan Unit PMR: Secercah Harapan Menuju PMR Yang Berkualitas*



Unit Palang Merah Remaja yang berada dalam wilayah PMI Kabupaten Manggarai menunjukkan geliat pertumbuhan yang menjanjikan, hal ini dilihat dari semakin banyaknya sekolah – sekolah yang memiliki unit PMR. Berdasarkan data yang ada di Markas PMI Manggarai sampai dengan tahun 2014, telah terdapat 15 unit PMR aktif yang ada dalam wilayah kota Ruteng (Ibu Kota Kabupaten Manggarai). Semakin bertumbuhnya unit – unit PMR ini menandakan besarnya kecintaan dan ketertarikan para remaja Manggarai terhadap organisasi sosial kemanusiaan ini. Bertambahnya anggota PMR dan unit – unit PMR merupakan aset yang sangat berharga bagi PMI Kabupaten Manggarai dalam menjalankan tugas – tugas kemanusiaan dan mensosialisasikan prinsip – prinsip dasar organisasi Palang Merah.
Namun dengan semakin bertambahnya unit – unit PMR ini menjadikan pengurus PMI Kabupaten Manggarai harus bekerja ekstra keras dalam melakukan pembinaan dan dukungan teknis pengembangan unit PMR seperti yang tertuang dalam Memorandum Of Understanding (MOU) antara Ketua Palang Merah Indonesia dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor : 0317/MOU PMI-KEMENDIKBUD/II/2012. Agar bukan saja kuantitas PMR yang diperhatikan tetapi kualitas dari anggota PMR harus pula diutamakan.
Dalam bincang – bincang antara Ketua PMI Kabupaten Manggarai dan Ketua Korps Sukarela (KSR)  serta relawan PMI Kabupaten Manggarai pada akhir Januari 2014 lalu mengenai pola pembinaan unit – unit PMR diperoleh satu poin penting bahwa Relawan PMI Kabupaten Manggarai akan bertanggung jawab sepenuhnya mendampingi sekolah – sekolah yang memiliki unit PMR dan akan membagi tugas kepada para relawan yang telah terlatih untuk mendampingi unit – unit PMR tersebut. Hasil kesepakatan tersebut akhirnya dituangkan dalam program kerja Korps Sukarela PMI Kabupaten Manggarai, yang telah dibahas dalam Musyawarah Kerja Kabupaten(MUKERKAB) PMI Manggarai Tahun 2014 (09/03/2014).
 Yoseph Palemus Cetak, Ketua Korps Sukarela ( KSR) PMI Kabupaten Manggarai mengatakan bahwa program pendampingan ini sebagai wujud tanggung jawab dari para relawan yang telah banyak mendapatkan ilmu dan pelatihan dari PMI untuk membagikan kembali ilmu ini kepada para anggota PMR. “ kita sudah mendapatkan banyak ilmu dari PMI secara cuma – cuma maka sudah saatnya kita pun harus memberikan juga secara cuma – cuma ilmu yang telah kita dapat ini kepada adik – adik kita yang punya kemauan untuk mengikuti jejak kita sebagai relawan” demikin ungkap Yoseph.
Yoseph Palemus melanjutkan bahwa Para pembina PMR yang telah mendapatkan pelatihan harus pula dibimbing dan didampingi agar pola pembinaan PMR dapat terarah sesuai dengan kurikulum PMR. 
Program pendampingan ini dimulai dari bulan April dan berakhir sampai waktu yang tidak ditentukan. Kegiatan yang diprakarsai oleh para relawan ini mendapatkan apresiasi yang besar dari para Pengurus PMI Kabupaten Manggarai. Marsel Seda
 *berita ini sudah dimuat di Buletin PMI Manggarai Edisi 1 thn 2014

Berita Lainnya

Tidak ada komentar: