Selamat Datang Di Blog PMI Kabupaten Manggarai. Terima Kasih Kepada Para Donor Sukarela: Sekantong Darah Yang Anda Sumbangkan Menyelamatkan Nyawa Saudara/i Kita Yang Membutuhkan. Tetaplah Setia Mendonorkan Darah Setiap Tiga Bulan. Kami Tetap Menantikan Kedatangan Anda

Selasa, 14 Februari 2017

HIJAUKAN BUMI, SELAMATKAN KEHIDUPAN Penanaman Rumput Pencegah Erosi Di Desa Gapong

Pada tanah–
tanah berlereng, erosi menjadi persoalan yang serius dimana kemiringan dan panjang lereng merupakan dua unsur yang berpengaruh terhadap kecepatan aliran permukaan dan erosi sehingga memperbesar daya perusakan oleh air.
Sabtu, 28 Januari 2017 bertempat di Dusun Gapong dan Wela, Desa Gapong Kecamatan Cibal, Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Keuskupan Ruteng, SPARC Ruteng, PMI Kab. Manggarai dan IMAPALA STKIP St. Paulus Ruteng bersama masyarakat Desa Gapong melakukan penghijauan dengan penanaman rumput Vetiver. Kegiatan penghijauan menggunakan rumput Vetiver ini merupakan hal baru bagi masyarakat di Kabupaten Manggarai dimana selama ini kegiatan penghijauan di daerah rawan longsor dan banjir dilakukan dengan penanaman kayu.
Mengapa kegiatan penghijauan ini menggunakan rumput Vetiver? Romo Beny Jaya, Pr Ketua Komisi PSE Keuskupan Ruteng di sela–sela kegiatan penanaman mengatakan bahwa rumput Vetiver yang di Indonesia dikenal dengan akar wangi ( Vetiveria zizanioides) merupakan sejenis rumput-rumputan berukuran besar yang memiliki banyak keistimewaan yakni dapat mengontrol erosi dan sedimentasi tanah, konservasi air, serta stabilisasi dan rehabilitasi lahan karena akarnya dapat bekerja sebagai paku tanah atau pasak yang hidup. Romo Beny melanjutkan bahwa akar rumput vetiver merupakan bahan dasar untuk pembuatan deodorant, batang dan daunnya dapat digunakan sebagai makanan ternak, tanpa merusak akarnya. Rumput Vetiver mampu bertahan terhadap beberapa variasi cuaca, seperti kekeringan panjang, banjir, genangan dan bertahan dalam keadaan cuaca yang ekstrim.
Kegiatan penghijauan ini diawali dengan misa ekologis yang dilakukan di Kapela Gapong dipimpin langsung oleh Yang Mulia Uskup Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng, Pr. Uskup Ruteng juga melakukan penanaman simbolis rumput veitiver di lokasi penghijauan.
Masyarakat desa Gapong sangat antusias dengan pelaksanaan kegiatan ini dengan bersama – sama melakukan kegiatan penanaman di lokasi.

Tidak ada komentar: