Selamat Datang Di Blog PMI Kabupaten Manggarai. Terima Kasih Kepada Para Donor Sukarela: Sekantong Darah Yang Anda Sumbangkan Menyelamatkan Nyawa Saudara/i Kita Yang Membutuhkan. Tetaplah Setia Mendonorkan Darah Setiap Tiga Bulan. Kami Tetap Menantikan Kedatangan Anda

Minggu, 26 April 2015

GELIAT SUKARELAWAN PERGURUAN TINGGI



Palang Merah Indonesia Kabupaten Manggarai tak henti – hentinya melakukan perekrutan dan pendampingan kepada sukarelawan baru yang ingin bergabung bersama PMI Kabupaten Manggarai dalam setiap tugas – tugas kemanusiaan di wilayah Kabupaten Manggarai.
Rencana pembentukan kelompok – kelompok sukarelawan mendapatkan respon yang positif dari beberapa pihak. Selain beberapa pemuda dan warga masyarakat yang dengan sukarela mendaftarkan diri untuk bergabung sebagai sukarelawan unit markas PMI Kabupaten Manggarai, adapula kelompok mahasiswa yang ingin agar dikampus mereka dibentuk Korps Sukarela (KSR)PMI.  PMI Kabupaten Manggarai merespon keinginan dari beberapa mahasiswa yang berkuliah di STKIP St. Paulus Ruteng dengan memberikan Orientasi Kepalangmerahan kepada 25 mahasiswa STKIP tersebut pada Bulan November tahun 2014 lalu. Kegiatan orientasi ini merupakan salah satu prasyarat menjadi sukarelawan PMI.
Pembentukan KSR Perguruan Tinggi ini sebagai tindak lanjut dari Memorandum Of Understanding (MOU) antara Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan Ketua Palang Merah Indonesia No. 1/II/KB/2012 No. 0317/MOU PMI-KEMENDIKBUD/II/2012.
Pelatihan KSR Unit STKIP Ruteng

PMI sebagai organisasi kemanusiaan yang netral dan independent perlu melakukan upaya pengembangan karakter dan jiwa serta semangat kemanusiaan sejak dini bagi peserta didik yang dilakukan melalui pembinaan dan pengembangan Kepalangmerahan.
Tujuan pembentukan KSR Unit Perguruan Tinggi ini yakni guna memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada pada perguruan tinggi agar para mahasiswa sebagai kaum intelektual memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan sebagai bagian dari pendidikan karakter.
Pengurus PMI Kabupaten Manggarai memiliki harapan bahwa dengan adanya Korps Sukarela Perguruan Tinggi ini maka tugas – tugas kemanusiaan baik dalam upaya penyediaan darah dan kegiatan kebencanaan dapat berjalan lancar dengan bantuan para anggota KSR ini.
Di tahun 2015 ini KSR STKIP St. Paulus Ruteng telah memiliki anggota sebanyak 45 orang dan hal yang menggembirakan yakni KSR STKIP St.Paulus Ruteng telah diakui oleh pimpinan STKIP sebagai salah satu wadah kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa. Pada bulan Maret 2015 KSR STKIP St.Paulus Ruteng resmi menjadi satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Sungguh sebuah rencana yang mulia pasti akan mendapatkan h asil yang baik.

Keberadaan KSR Unit STKIP St. Paulus Ruteng tidak terlepas dari bergabungnya beberapa dosen sekolah tinggi tersebut sebagai pengurus PMI dan sukarelawan markas, mereka adalah : Chrispinus H. Jebarus, S.Fil, M.Th sebagai pengurus PMI Kabupaten Manggarai bidang Komunikasi dan Informasi, Wigbertus Gaut Utama, S.Fil, MSc dan Elisabeth Irma Parera, S.Pd sebagai sukarelawan markas. Dua nama yang disebutkan terakhir ini telah memberikan warna baru bagi KSR STKIP St. Paulus Ruteng. Dibawah bimbingan mereka aneka kegiatan telah dilakukan oleh KSR Unit perguruan tinggi ini. Wigbertus Gaut sebagai Pembina KSR mengatakan bahwa dengan masuknya KSR STKIP sebagai salah satu kegiatan UKM maka KSR unit STKIP tidak lagi mengalami kesulitan dana untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan. “ selama ini kami mengalami kendala ketiadaan dana sehingga kami hanya melakukan kegiatan dalam skala kecil. Semoga dengan masuknya KSR sebagai salah satu UKM STKIP kami semakin rajin membuat kegiatan dan kami berharap PMI Kabupaten Manggarai dan sukarelawan markas dapat membantu setiap kegiatan KSR Unit STKIP ini “.
Mahasiswa STIKES Ingin Bergabung
Setelah KSR STKIP St. Paulus terbentuk, ada lagi kelompok mahasiswa dari perguruan tinggi lain yang ingin agar dikampusnya dibentuk unit KSR. Permohonan ini berasal dari mahasiswa STIKES St. Paulus Ruteng yang mana tempat perkuliahan mereka berada satu kompleks dengan STKIP St. Paulus Ruteng dan berada dalam naungan yayasan persekolahan St. Paulus Ruteng.
Penjajakan untuk pembentukan telah dilakukan dan rencananya dalam minggu ke 3 (dua)  bulan April 2015 akan dilakukan sosialisasi kepalangmerahan sebelum para hahasiswa mendapatkan orientasi Kepalangmerahan. Selamat bergabung bersama PMI Kabupaten Manggarai dalam tugas –tugas kemanusiaan. We Are Proud To be a Volunteer (Marsel)

Tidak ada komentar: