Selamat Datang Di Blog PMI Kabupaten Manggarai. Terima Kasih Kepada Para Donor Sukarela: Sekantong Darah Yang Anda Sumbangkan Menyelamatkan Nyawa Saudara/i Kita Yang Membutuhkan. Tetaplah Setia Mendonorkan Darah Setiap Tiga Bulan. Kami Tetap Menantikan Kedatangan Anda

Jumat, 24 April 2015

PMI SIGAP MENANGANI BENCANA KEBAKARAN



Kebakaran Pitak

PMI Kabupaten Manggarai melakukan kegiatan tanggap darurat bencana kebakaran 12 unit bangunan milik para pedagang yang berdomisili  di RT/RW 001/01  Kelurahan Pitak, Kecamatan Langke Rembong. 9 orang sukarelawan PMI membantu evakuasi barang – barang milik para pedagang dan PMI juga memberikan bantuan darurat berupa Family Kit. Korban kebakaran yang kehilangan rumah tinggal untuk sementara mengungsi di rumah keluarga/kerabat. Kebanyakan dari para korban adalah pedagang pakaian dan pengusaha warung makan yang berasal dari Padang, Sumatera Barat.
Berdasarkan informasi Lurah Pitak bahwa kebakaran yang terjadi disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik dari salah satu bangunan. Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 Wita (18/02), mengakibatkan 12 KK kehilangan rumah tinggal dan tempat usaha. Tidak ada korban jiwa dan luka - luka dalam peristiwa kebakaran tersebut. Petugas pemadam kebakaran dari BPBD Kabupaten Manggarai dan kendaraan pemadam milik otoritas bandara Frans Sales Lega sigap melakukan tindakan pemadaman sehingga kebakaran tidak meluas ke dalam kompleks pasar dan pertokoan yang berada di dekat lokasi kebakaran tersebut.
Pemberian Bantuan Kepada Korban Kebakaran
PMI Kabupaten Manggarai pada tanggal 21 Februari 2015 telah memberikan bantuan Family kit sebanyak 12 karung dan Waskom kepada korban kebakaran bertempat di kantor Kelurahan Pitak. Penyerahan bantuan kepada 12 KK korban kebakaran dilakukan oleh Kepala Markas PMI Kabupaten Manggarai, Marselinus W.Seda, S.Sos mewakili pengurus PMI Kabupaten Manggarai dan disaksikan oleh Lurah Pitak.

Kebakaran Rumah Warga di Wae Buka
Sabtu, 18 April 2015 terjadi kebakaran 3 rumah warga di Kampung Wae Buka, Kleurahan Tenda Kecamatan Wae Buka. PMI Kabupaten Manggarai memberikan bantuan family kit dan Hygiene kit kepada korban 3 KK korban kebakaran atas nama : Eduardus Taut, Petrus Edot dan Nikolaus Merang.
2 KK korban kebakaran yang seluruh rumahnya hangus terbakar diungsikan ke salah satu bangunan pemerintah dan ditangani oleh BPBD Kabupaten Manggarai. PMI Kabupaten Manggarai menyerahkan bantuan kepada 3 KK korban kebakaran pada senin, 20 April 2015 setelah sebelumnya melakukan assesment. Penyerahan bantuan dilakukan di rumah salah satu keluarga dekat lokasi kebakaran disaksikan oleh staf Kelurahan Tenda dan seluruh keluarga korban kebakaran.
Salah satu korban kebakaran Petrus Edot, berterimakasih atas bantuan darurat yang diberikan oleh PMI Kabupaten Manggarai. (Ardo)

Tidak ada komentar: