Selamat Datang Di Blog PMI Kabupaten Manggarai. Terima Kasih Kepada Para Donor Sukarela: Sekantong Darah Yang Anda Sumbangkan Menyelamatkan Nyawa Saudara/i Kita Yang Membutuhkan. Tetaplah Setia Mendonorkan Darah Setiap Tiga Bulan. Kami Tetap Menantikan Kedatangan Anda

Jumat, 19 Desember 2014

KEMITRAAN PMI KABUPATEN MANGGARAI DAN AIPMNH MEMASUKI TAHUN KE-4*



Australia – Indonesia Partnership For Maternal And Neonatal Health (AIPMNH) merupakan program kemitraan antara Pemerintah Australia dan Indonesia yang bergerak dalam bidang peningkatan kesehatan Ibu hamil dan bayi melahirkan. Program ini menjadi program  hampir semua Kabupaten dalam wilayah Provinsi NTT. Dalam kegiatannya, AIPMNH bermitra dengan instansi/organisasi yang memiliki hubungan dengan upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak, di antaranya bermitra dengan Dinkes, Rumah Sakit, BPPKB, BPMPD, PMI dan PKK.
Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Manggarai telah menjalin kemitraan bersama dengan AIPMNH Kabupaten Manggarai sejak tahun 2010. Tahun 2014 merupakan tahun ke- 4 terjalinnya kemitraan ini. Khusus untuk PMI, kerjasama ini berhubungan dengan kegiatan PMI sebagai penyedia darah bagi pasien rumah sakit. AIPMNH berharap agar ibu melahirkan yang membutuhkan transfusi darah dapat dilayani secara cepat setiap saat. Kerjasamanya mencakup kegiatan pengadaan peralatan donor darah, sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya donor darah, pemeriksaan penentuan golongan darah bagi masyarakat di desa siaga, mengirim staf UDD untuk mengikuti pelatihan manajemen donor darah, pemberian magang bagi relawan PMI yang mengelola buletin warta PMI, promosi manfaat donor darah melalui radio, pembentukan Komunitas Donor darah dan masih banyak yang lainnya.
Kemitraan ini sangat membantu kegiatan PMI Kabupaten Manggarai. Salah satu contoh nyata adalah adanya kegiatan pelatihan (magang) bagi relawan untuk pembuatan buletin, yang hasilnya adalah keberadaan Buletin Warta PMI Kabupaten Manggarai ini yang telah berproduksi dari tahun 2011 dengan isinya sekitar informasi kegiatan donor darah dan kegiatan lain yang telah diprogramkan oleh Pengurus PMI Kabupaten Manggarai. 
Distric Programme Coordinator (DPC) AIPMNH Manggarai, Slamet Riyadi mengatakan bahwa kemitraan dengan PMI  dirasa penting karena PMI merupakan penyedia darah bagi pasien  di rumah sakit dan PMI Kabupaten Manggarai masih minim peralatan donor darah. Selain itu, menurut Slamet, komitmen dan keseriusan telah ditunjukkan oleh pengurus dan staf dalam melaksanakan program yang didanai oleh AIPMNH. *(Marsel Seda)

Tidak ada komentar: