Selamat Datang Di Blog PMI Kabupaten Manggarai. Terima Kasih Kepada Para Donor Sukarela: Sekantong Darah Yang Anda Sumbangkan Menyelamatkan Nyawa Saudara/i Kita Yang Membutuhkan. Tetaplah Setia Mendonorkan Darah Setiap Tiga Bulan. Kami Tetap Menantikan Kedatangan Anda

Jumat, 19 Desember 2014

BAKTI SOSIAL DONOR DARAH DALAM RANGKA HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) TINGKAT KABUPATEN MANGGARAI



Kegiatan sosial donor darah sudah menjadi suatu kegiatan yang rutin atau yang lagi trend dilakukan oleh instansi –instansi atau perusahaan dalam memeriahkan hari  - hari besar kenegaraan maupun hari ulang tahun instansi/perusahaan. Sudah menjadi suatu fenomena baru bagi instansi/SKPD di NTT melakukan kegiatan sosial tersebut. Tak ketinggalan pula Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai yang  dipimpin oleh dr. Yulianus Weng, M.Kes. Dalam memeriahkan hari Kesehatan Nasional (HKN) yang puncaknya dirayakan pada tanggal 12 November 2014 Selain kegiatan perlombaan/pertandingan dalam bidang olahraga, Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Manggarai  juga melakukan kegiatan social donor darah, kegiatan donor darah ini menyasar pada insan/pekerja di bidang kesehatan, siswa SMA dalam Kota Ruteng dan STIKES St. Paulus, Ruteng. Untuk kegiatan donor darah hari pertama, panitia bidang pelayanan social menjadwalkan kegiatan donor darah di SMK Sadar Wisata, Ruteng. Kegiatan donor di sekolah pariwisata ini berlangsung pada hari Selasa ,21 Oktober 2014  bertempat di aula pertemuan sekolah tersebut.  Dalam kegiatan donor di sekolah ini, para siswa sangat antusias mendonorkan darahnya, walaupun ada beberapa pendonor yang pingsan di saat pengambilan darah, namun tidak menyurutkan antusias rekan – rekan yang lainnya untuk mendonorkan darah. Dari sekian banyak siswa yang berkeinginan mendonorkan darah hanya 18 orang yang layak untuk mendonorkan darahnya. Dalam kegiatan donor darah di SMK Sadar Wisata ini terkumpul 18 kantong darah yang akan digunakan untuk memenuhi stok darah di UDD PMI Kabupaten Manggarai. Kegiatan donor darah hari kedua akan dilaksanakan di SMAN I Langke Rembong yang dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Oktober 2014, berikutnya berlanjut di SMA/SMK Karya tanggal 23 Oktober 2014, SMAK St. Fransiskus Xaverius Ruteng dan berakhir di STIKES St. Paulus Ruteng.
 Made Puji, Amd.Kep, salah satu panitia kegiatan pelayanan sosial donor darah mengharapkan agar kegiatan sosial ini berjalan dengan lancar.  “Kegiatan donor darah untuk memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Manggarai merupakan salah satu kegiatan prioritas kami dalam perayaan HKN tahun ini, karena menurut kami kegiatan social donor darah ini sangat mulia dan berguna untuk membantu sesama yang membutuhkan darah”.  Menurut Puji, kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan yakni pertandingan Bola Volley antara Puskesmas, pertandingan tenis meja yang diikuti oleh peserta dari Puskesmas, Rumah sakit dan PMI, dan masih banyak kegiatan lainnya.
Salah satu staf UDD PMI Kabupaten Manggarai  Fransiska Lucy Dahat yang ditemui di sela – sela kegiatan donor darah di SMK Sadar Wisata, mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan donor darah massal yang  dilakukan di sekolah – sekolah ini sangat membantu PMI Kabupaten Manggarai dalam upaya penyediaan darah bagi pasien. “dengan tersedianya stok darah dari pendonor darah sukarela, maka dalam satu minggu ke depan UDD PMI dapat melayani permintaan darah dari pasien tanpa keluarga pasien mencari pendonor pengganti”. (marsel seda)

Tidak ada komentar: