Selamat Datang Di Blog PMI Kabupaten Manggarai. Terima Kasih Kepada Para Donor Sukarela: Sekantong Darah Yang Anda Sumbangkan Menyelamatkan Nyawa Saudara/i Kita Yang Membutuhkan. Tetaplah Setia Mendonorkan Darah Setiap Tiga Bulan. Kami Tetap Menantikan Kedatangan Anda

Selasa, 29 Maret 2016

PELATIHAN PUBLIC SPEAKING BAGI STAF PMI KABUPATEN MANGGARAI

     Pada Sabtu (19/3) dan Minggu (20/3), STKIP St. Paulus Ruteng melalui Tim Pengabdian kepada Masyarakat memberikan pelatihan tentang Komunikasi Terapeutik dalam Memenuhi Kebutuhan Spiritual Pasien kepada Para Staf Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kab. Manggarai. Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara STKIP St. Paulus Ruteng dan Palang Merah Indonesia yang menjadi salah satu penanggung jawab terhadap Unit Transfusi Darah. Gedung Markas PMI Kabupaten Manggarai yang terletak dalam kompleks Kantor DPRD Kabupaten Manggarai. menjadi tempat pelaksanaan kegiatan. Belasan staf UTD dan staf Markas PMI Kab. Manggarai hadir menjadi peserta dalam kegiatan yang berlangsung dari pukul 15.00 hingga 18.45 Wita.
     Dalam dua hari ini, dua tema utama masing-masing disajikan yaitu tentang Komunikasi Umum dan Public Speaking. Pada hari pertama, materi pelatihan tentang komunikasi umum diberikan oleh salah seorang anggota Tim PKM STKIP St. Paulus Ruteng, yaitu Fransiskus Sales Lega, M.Th. Dalam materinya, Lega menjelaskan dengan lugas pengertian, fungsi, prinsip, dan konteks komunikasi. Sementara pada hari kedua, Rudolof Ngalu, S.Fil., M.Pd. hadir sebagai nara sumber yang menyajikan materi tentang Public Speaking. Ia secara lebih praktis menjelaskan tentang teknik dan tips saat menjadi pembicara di umum. Para peserta cukup antusias mengikuti kegiatan di dua hari ini yang dibuktikan dengan keaktifan mereka dalam sesi tanya jawab.
     Ketua PMI Kab. Manggarai, Rony Kaunang, melalui salah seorang stafnya menyambut positif kegiatan ini. Peningkatan mutu pelayanan staf UTD khususnya dan relawan PMI pada umumnya tak bisa dipisahkan dari upaya peningkatan kualitas komunikasi saat melayani pasien dan masyarakat. Ia berharap kegiatan serupa bisa dijalankan secara reguler setiap tahunnya dan bisa menghasilkan luaran seperti SOP pelayanan yang bermutu.
    Koordinator Tim PKM STKIP St. Paulus Ruteng dalam kegiatan ini, Chrispinus H. Jebarus, M.Th., mengungkapkan kelegaannya atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia menyatakan bahwa banyak kendala dalam proses pelaksanaan kegiatan ini, terutama menyangkut waktu yang sesuai antara tim dan peserta. “Saya lega, akhirnya bisa dilaksanakan. Para Staf UTD ini sangat padat kegiatannya. Sulit mendapatkan waktu yang tepat untuk mengumpulkan semuanya...”, ujarnya. Ia berharap kegiatan lanjutan yang akan diadakan dua minggu mendatang bisa berjalan sesuai rencana dan mendapat sambutan serupa seperti pada dua hari ini.
 (Chrispinus Jebarus )

Tidak ada komentar: