Selamat Datang Di Blog PMI Kabupaten Manggarai. Terima Kasih Kepada Para Donor Sukarela: Sekantong Darah Yang Anda Sumbangkan Menyelamatkan Nyawa Saudara/i Kita Yang Membutuhkan. Tetaplah Setia Mendonorkan Darah Setiap Tiga Bulan. Kami Tetap Menantikan Kedatangan Anda

Senin, 07 Maret 2016

Ratusan Siswa SDI Dongang Diperiksa Goldar-nya



Ibu Raimunda Wolos, S.Pd Kepsek SDI Dongang

Ratusan siswa SDI Dongan Kec. Langke Rembong mendapat pemeriksaan gratis golongan darah. Kegiatan yang digalakan PMI Kab. Manggarai ini merupakan bagian dari target pemeriksaan goldar untuk 7000 orang di tahun 2016.

Kepala Sekolah SDI Dongang , Ibu Raimunda Wolos, S.Pd mengatakan sangat antusias dengan kegiatan pemeriksaan goldar gratis di sekolah pimpinannya. Menurut beliau kegiatan pemeriksaan goldar gratis belum pernah ada sebelumnya di SDI Dongang. Kegiatan serupa (berkaitan dengan kesehatan-red) memang ada tapi bukan dilakukan oleh PMI melainkan kegiatan yang digalakan oleh puskesmas dalam rangka BIAS (Bulan Imunisasi nasional untuk sekolah –red).  Ibu Raimunda menambahkan bahwa SDI Dongang (para siswa dan guru) akan tetap mendukung kegiatan kemanusiaan yang digalakan PMI. Kami tidak pernah alpa memberikan sumbangan (baca: sumbangan bulan dana PMI-red) yang digalakan PMI, imbuh beliau. Kepsek yang selalu ceria ini menambahkan agar para staf PMI juga menyempatkan diri untuk memberi sosialisasi ihwal PMI kepada para siswa SDI Dongang. Terus terang sebagian besar siswa belum mengenal PMI dan juga tidak tahu tentang manfaat kegiatan hari ini, "kata Raimunda.  Kalau dari pihak PMI ada sosialisai diharapkan para siswa bisa mengenal dan memahami slebih dini tentang kegiatan kemanusiaan yang dijalankan PMI, khususnya PMI Kab. Manggarai.

Marsel Seda, Kepala Markas PMI Kab. Manggarai, dihubungi secara terpisah, mengatakan akan menindaklanjuti anjuran ibu Raimunda dan akan membicarakannya dengan Ketua PMI Kab. Manggarai dan Direktur UTD PMI Kab. Manggarai.
Situasi Pemeriksaan Goldar Gratis di SDI Dongang. Tiga staf PMI melayani Pemeriksaan Goldar: dari Kiri: Marsel, Hartyn, Dus. Para siswa berjubelan, sebagian siswa berada dalam ruangan kelas, sebagian lainnya berbaris di luar rauangan kelas. (foto:gws)

Dalam pantauan media PMI Kab. Manggarai para siswa sangat antusias dalam kegiatan pemeriksaan goldar ini. Sebagian siswa berada di dalam ruangan kelas. Sebagian lagi berbaris memanjang menghadap pintu masuk ruangan kelas. Tampak beberapa orang guru membantu petugas PMI menertibkan para siswa.
Seorang siswi ketakutan ketika hendak diambil sampel darahnya terpaksa dibantu oleh beberapa orang guru (foto:gws)
Terlebih ada beberapa orang siswa yang takut bahkan sampai menangis ketika hendak diambil sampel darahnya. Untunglah dengan berbagai cara para guru berhasil meyakinkan si anak sehingga tidak merasa takut berlebihan ketika diambil sampel darahnya. Menurut data PMI para siswa (juga guru -red) yang berhasil diperiksa golongan darahnya berjumlah 314 orang.

PMI tetap berkomitmen untuk menyediakan pelayanan terbaik bagi masyarakat terlebih dalam menyiapkan stok darah yang cukup bagi masyarakat Manggarai Raya. (Untuk diketahui sampai sekarang PMI Manggarai menyediakan darah untuk pasien yang berasal dari tiga kabupaten Manggarai Raya). Dengan aksi pemeriksaan goldar gratis ini diharapkan selain mengetahui goldarnya para siswa juga kelak tertarik untuk bergabung menjadi sukarelawan PMI terlebih bersedia menyumbangkan darahnya bagi mereka yang membutuhkan.***gws***




3 komentar:

Anonim mengatakan...

Kalau kepala sekolah antusias seperti ini, bisa dipastikan beberapa tahun mendatang stok darah untuk masyarakat manggarai bisa cukup. By Pendonor Aktif.

Anonim mengatakan...

Pertanyaan untuk PMI dan "Pendonor Aktif": apakah stok darah di rumah sakit tidak cukup? Kalau tidak cukup berarti sangat berbahaya bagi pasien darurat, apa lagi kalau terjadi kecelakaan besar-besaran, apakah PMI siap? Anjuran saya, sampaikan ke pemerintah agar mewajibkan aparatnya mendonorkan darahnya bagi masyarkat yang membuthkan. TErima kasih. #Paul#

Unknown mengatakan...

Terima kasih untuk tanggapan @Pendonor Aktif dan @Paul. PMI Manggarai dengan berbagai cara tetap berkomitmen untuk menyiapkan stok darah yang cukup bagi masyarakat Manggarai. Untuk menyiapkan darah yang cukup sering kali PMI harus turun ke lapangan untuk memberikan pelayanan donor darah sukarela bagi masyarakat yang mau memberikan darahnya. Yang Kedua bagi #Paul# kecemasan anda harap tidak menjadi kenyataan. Dari database PMI Kab. Manggarai memang masih ada kensenjangan besar antara persentasi donor sukarela dan donor pengganti(donor yang dicari keluarga pasien untuk menggantikan sejumlah kantong darah yang telah dipakai). Kita berharap pemerintah kab. Manggarai mau mendengarkan aspirasi anda dengan demikian stok darah kita selalu cukup terlebih dalam keadaan "bencana yang besar". Salam Kemanusiaan