Selamat Datang Di Blog PMI Kabupaten Manggarai. Terima Kasih Kepada Para Donor Sukarela: Sekantong Darah Yang Anda Sumbangkan Menyelamatkan Nyawa Saudara/i Kita Yang Membutuhkan. Tetaplah Setia Mendonorkan Darah Setiap Tiga Bulan. Kami Tetap Menantikan Kedatangan Anda

Jumat, 29 April 2016

712 UMAT PAROKI NARANG DAPAT LAYANAN PEMERIKSAAN


            Minggu, 17 April 2016 umat paroki Sta. Maria Bunda Segala Bangsa mendapat pelayanan pemeriksaan golongan darah dari Puskesmas Narang kerjasama dengan Panitia Hardiknas Kecamatan Satar Mese Barat, OMK Paroki Narang dan PMI Kabupaten Manggarai. Umat, khususnya anak – anak dan remaja antusias mengikuti kegiatan tersebut yang  bertempat di aula Paroki Narang dan dilakukan setelah perayaan misa. 
Petugas pemeriksa (Photo By Don Meak )

Donatus Meak, Koordinator kegiatan saat ditemui di Markas PMI Kabupaten Manggarai mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan golongan darah ini dilakukan dalam rangka memperingati  Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2  Mei 2016 tingkat Kecamatan Satar Mese Barat.
Dari hasil pemeriksaan golongan darah ini, 712 orang telah mengetahui jenis golongan darahnya dengan perincian golongan darah A : 216 orang , B : 119 orang, AB : 31 orang, O : 358 orang. Kategori umat yang berkesempatan mendapatkan pelayanan tersebut yakni; usia balita : 20 anak , PAUD : 43 anak, usia SD : 348 anak, SMP : 94 anak, SMA : 158 anak dan umat dewasa : 49 orang.
Petugas Laboratorium Puskesmas Narang yang melakukan kegiatan pemeriksaan ini yakni Ibu Maria Fatima Jeparu, Ibu Martha Babo dan Ferdinandus Dugis,dkk.
      Don mengatakan bahwa maksud dilakukan kegiatan pemeriksaan golongan darah ini yakni untuk menjawab kebutuhan umat secara khusus anak – anak sekolah yang mana golongan darah merupakan salah satu identitas siswa yang harus diisi dalam buku rapor dan sebagai data kependudukan lainnya. Dari aspek kesehatan, mengetahui jenis golongan darah akan sangat membantu pada saat memberikan donor darah atau menerima transfusi darah.
Umat antri saat pengecekan golonga darah (Photo By Don Meak)
     
Guna mengantisipasi kejenuhan umat saat antri memeriksakan darahnya, panitia juga memutar film bernuansa rohani, kesehatan, pendidikan, musik –musik rohani dan Ja’i.
Don Meak selaku koordinator bakti sosial Panitia Hardiknas Tingkat Kecamatan Satar Mese barat mengatakan bahwa pada Minggu, 01 Mei 2016 akan dilakukan pemeriksaan golongan darah bagi umat Paroki Denge yang bertempat di Dintor dan diperkirakan 800-an warga akan melakukan pengecekan golongan darahnya. 
Kartu golongan darah        (Photo by Don Meak )

PMI Kabupaten Manggarai dalam kegiatan ini memberikan dukungan berupa penyediaan kartu golongan darah kepada semua umat yang telah mengetahui golongan darahnya.
Dalam kegiatan pemeriksaan golongan darah tersebut turut hadir Pastor Paroki Narang, Romo Laurentius Saya, Pr.  (Marsel)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Bocah-bocah cilik ini diharapkan menjadi anggota donor darah sukarela kelak. Semangat membantu sesama dengan mendonorkan darah mesti ditanamakn sejak dini. Jadilah agen pembawa kabar gembira bagi sesama melalui sosialiasi donor darah. tabe