Selamat Datang Di Blog PMI Kabupaten Manggarai. Terima Kasih Kepada Para Donor Sukarela: Sekantong Darah Yang Anda Sumbangkan Menyelamatkan Nyawa Saudara/i Kita Yang Membutuhkan. Tetaplah Setia Mendonorkan Darah Setiap Tiga Bulan. Kami Tetap Menantikan Kedatangan Anda

Senin, 22 Juni 2015

Alur SPD Rekomendatif Kabupaten Manggarai



Setelah melalui diskusi dan perdebatan yang alot (hard discussion, menurut ibu Sacha-red) akhirnya para peserta dibawah bimbingan pa Sastra yang bertindak sebagai fasilitator dan pe-materi, berhasil merumuskan alur system peringatan dini (SPD) yang akan direkomendasikan kepada pemerintah kabupaten Manggarai. 
Alur sistem peringatan dini yang disepakati forum adalah sebagai berikut:
gambar alur sistem peringatan dini kabupaten manggarai
 Berdasarkan hasil diskusi maka forum merekomendasikan point-pint penting sebagai berikut:

  1. Masing-masing instansi bersedia menyampaikan atau membagi informasi untuk memperkuat sistem peringatan dini.
  2. Perlu pengadaan radio band dan HT bagi desa-desa rawan bencana dalam wilayah Kab. Manggarai
  3. Perlu adanya pelatihan bagi masyarakat desa untuk memperkuat SPD
  4. BPBD Kab. Manggarai perlu membentuk UPTD BPBD Kecamatan di kecamatan rawan bencana
  5. Pengadaan peralatan SPD di desa rawan bencana memanfaatkan kearifan local seperti: gong, lonceng gereja, toa masjid, dll.
  6. Perlu dilakukan pelatihan radio komunikasi baik bagi instansi terkait kebencanaan maupun kepada perwakilan masyarakat terutama di daerah rawan bencana
  7. Penguatan kapasitas SDM dari pihak-pihak terkait kebencanaan
  8. RAPI menyatakan kesanggupan untuk menjadi operator penanganan bencana dalam hal penyampaian informasi bencana pada instansi-instansi terkait.
    salah satu kelompok forum sedang berdiskusi (TTX)
Usai mengadakan kegiatan simulasi Tabel Top Exercise dan Gladi Posko baik Pak Sastra Atmaja selaku pe-materi maupun Ibu Sacha dan Pak Chairil Perwakilan ARC Australia dan Indonesia menyatakan kepuasannya karena hampir semua peserta forum berperan aktif selama diskusi. Tentu saja semua ini tidak terlepas dari keinginan kuat para aktivis kemanusiaan dan lingkungan Manggarai untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat manggarai terutama dalam hal pemberian sistem peringatan dini. SPD ini tentu saja belum final. Masih perlu direview dan dievaluasi. Akan tetapi apa yang dicapai forum kali ini adalah sebuah langkah maju dan diharapakan dapat menjadi pijakan untuk menentukan SPD terbaik dan sesuai dengan karakter bencana di alam manggarai. Sekarang tinggal bagaimana pemerintah daerah menanggapai rekomendasi SPD ini dan bila perlu ditetapkan dalam perda agar mendapat payung hukum dan kemudian bisa disosialisasikan pada masayarakat manggarai. Bravo untuk para aktivis kemanusiaan.
Berita Lainnya

1 komentar:

Anonim mengatakan...

maju terus